Selasa, 12 Juni 2012

Menelusuri Goa Jatijajar

#PiknikHore kali ini termasuk yang terealisasi. Sebenernya udah diplanning sama temen-temen di kampus, "Pokoknya besok setelah ketok palu punya nama baru kita piknik!!"

Pose dulu sebelum capcus tamasya

#PiknikHore1 kita menelusuri GOA JATIJAJAR \(´▽`)/

Wisata Alam
Kurang lebih satu setengah jam dari Kota Satria Purwokerto menuju desa Jatijajar Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen.....
Tamasya hemat tanpa merogoh kantong dalem-dalem yaa pastinya wisata alam. Eiittsss.. gak boleh nyelonong.. antri tiket dulu..

Loket
Setelah masuk, gak langsung disodorin masuk goa yah.. tapi di tawarin foto bersama binatang-binatang gitu. Ada macam-macam burung dan ular. Sayangnya ularnya diumpetin, dikeluarinnya kalo ada yang mau foto aja sih.  ┒(⌣˛⌣)┎

Foto bersama
Burung-burung
Namanya juga piknik, gak afdol kalo gak bawa bekal dan tiker dan kawan-kawannya. Tapi emang bener lho, sebelum energi habis dan gak kebanyakan barang bawaan, lebih tepat kalo gelar tiker dulu. Pesta sate bebek khas Sumpyuh YEAY

Pesta sate kwek kwek
Habis ketemu burung-burung, kita ketemu dinosaurus lho.. Gak tau itu dino jenis apa, pokoknya yang aku tau itu dinosaurus. Hooh D I N O S A U R U S. Sempet bertanya juga, kenapa harus Dinosaurus? Kenapa gak jerapah? atau gajah? atau tikus mungkin? hihihihi Ternyata Dino ini terletak di muka goa sebagai simbol dari Objek Wisata Goa Jatijajar. Dari mulut patung Dino keluar air dari Sendang Kantil dan Sendang Mawar, yang sepanjang tahun belum pernah kering. Sendang Kantil dan Sendang Mawar?? nanti ada kok di dalem goa. Sedangkan air yang keluar dari patung Dino tersebut dimanfaatkan oleh penduduk sekitar sebagai pengairan sawah desa Jatijajar dan sekitarnya.

Air terjun dinosaurus
Berkumpul
Untuk lanjut ke arah Goa, kita harus mendaki melewati tangga-tangga. Lumayan dapet keringat nih buat yang jarang olah raga. Semangat!
Selangkah demi selangkah
Melangkah gak akan sia-sia deh kalo kalian udah sampe di atas. Di muka pintu Goa ada 2 pohon jati yang besar tumbuh sejajar, oleh karna itu goa tersebut diberi nama Goa Jatijajar.
Gerbang Goa Jatijajar
Dan kita bergandengan tangan


Ada apa aja sih sebenarnya di dalam Goa Jatijajar ini? Yuk kita telusuri....


Memasuki Goa Jatijajar
Di dalam goa ternyata juga banyak patung-patung. Patung disana ternyata sebuah diorama yang mengisahkan cerita Raden Kamandaka - Lutung Kasarung. Jadi cerita dulunya itu, Raden Kamandaka, putera mahkota Kerajaan Pajajaran, pernah bertapa di goa ini.

Keluarga Kamandaka
(masih) Keluarga Kamandaka
Mulai menelusuri goa
Goa yang cantik
Exotisme Goa Jatijajar
Menelusuri lorong-lorong dalam goa
Raden Kamandaka ~ Dewi Ciptoroso
Dyaaarrr~~Ketaun kan.. ternyata Raden Kamandaka pacarannya di dalam goa. hihihi.
Nah!! Akhirnya ketemu juga deh yang namanya Sendang Mawar dan Sendang Kantil yang merupakan sumber air patung Dinosaurus tadi. Lumayan mistis. Konon dulu Sendang Kantil tempat berendam dewi-dewi. Hambuh dewi sopo.. sing jelas bukan dewi persik (ˇ_ˇ")

Sendang Mawar
Sendang Kantil
Jadi.. dulu itu ada seorang petani yang sedang mengambil rumput dan jatuh kesebuah lubang. Ternyata lubang itu adalah ventilasi yang ada di langit-langit Goa Jatijajar sekarang. Dan petani itulah yang menemukan keberadaan goa ini. Lubang nya terlihat jelas dan terang banget lho dari dalam goa. Lumayan tinggi juga.

Lubang Goa Jatijajar
Dan disayangkan melewatkan momen di dalam goa. Pose dulu boleh kali  \(‾▿‾\) \(´▽`)/ (/‾▿‾)/ Dan sampai akhirnya lorong tersebut membawa kita keluar goa. Penelusuran goa yang menyenangkan. #PiknikHore1 SUKSES ╮(^▽^)╭

Lorong goa yang sempit

Gerbang keluar Goa Jatijajar
Pintu keluar Objek Wisata

Tidak ada komentar: